0

RAMBU-RAMBU SEPUTAR SHOLAT

Posted by Unknown on 19.17


Wahai wanita muslim, jagalah sholatmu sesuai waktunya beserta syarat syahnya, rukun dan wajib sahnya. Allah SWT bersabda:
“. . .dan dirikan sholat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasull-Nya. . .” (Al-Ahzab 33:33)
Berikut beberapa hukum sholat bagi wanitadan penjelasannya yang berbeda dengan laji-laki:
1.    Wanita tidak disyaratkan mengumandagkan adzan dan ikomah. Sebab, mengumandangkan adzan disyaratkan dengan mengeraskan suara , padahal wanita tidak boleh meninggikan suaranya atau berteriak.
2.    Dalam shalat, seluruh tubuh wanita adalah aurat (wajib ditutupi), kecuali wajah dan kedua telapak tangan.
3.    Wanita hendaknya ‘sesederhana mungkin’ dalam membentangkan kedua tangannya ketika rukuk dan sujud, tidak sebagaimana laki-laki yang dianjuran untuk ‘lebih vulgar’.
4.    Wanita yang melaksanakan shalat secara berjamaah dengan imam sesama wanita masih diperdebatkan di kalangan ulama; ada yang melarang dan ada pula yang membolehkan. Namun, mayoritas mereka membolehkan hal tersebut sebagaimana nabi memerintahkan Ummu Waraqah untuk mengimami anggota keluarganya.(HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah)
5.    Kaum wanita diperbolehkan keluar rumah untuk mengerjakan shalat bersama kaum laki-laki di masjid. (Namun perlu diperhatikan) bahwa shalat di rumahnya itu lebih baik bagi mereka. Diriwayatkan oleh Muslim dalam shahihnya dari Nabi,beliau bersabda:
“Janganlah kalian melarang wanita untuk menghadiri masjid.”
“Janganlah kalian melarang kaum wanita keluar rumah menuju masjid, namun shalat di rumah mereka lebih baik bagi mereka.”(HR. Ahmad dan Abu Dawud)
6.    Masalah wanita berangkat untuk menunaikan shalat
Id. Dari Ummu Athiyah x, ia berkata:
“Rasulullah memerintahkan kepada kami untuk menghadirkan para gadis dan wanita haid untuk menunaikan shalat Idul Fithri dan Idul Adhha. Adapun wanita haid hendaknya menjauhi tempat shalat (tanah lapang) dan menyaksikan kebaikan dan dakwah kaum muslimin.” (HR. Jamaah)

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Islam Is My Religion All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.